Hidup… hal yang patut untuk disyukuri

Setiap kelahiran, adalah suatu kesempatan kehidupan yang diberikan Allah SWT pada makhluknya. untuk itu, kelahiran disambut dengan suka cita, karena adanya generasi yang meneruskan dan memperjuangkan hidup.

Sudah selayaknya, mengasuh, menjaga dan mendidik dan membimbing generasi penerus disiapkan dengan penuh kasih sayang sebagai ikatannya.

Alhamdulillah, sejauh ini, daku patut bersyukur dengan apa yang dialami saat ini, sebagai ibu dari 3 anak yang lucu dan sehat. menjaga melindungi mereka sampai mereka dewasa adalah harapan seorang ibu pastinya.

5 tahun terakhirhidupku tercurah buat mereka, melahirkan dan membesarkan sampai mereka cukup sehat sebagi ukuran anak kecil. Tahapan selanjutnya, daku ingin memastikan bahwa mereka bisa mengikuti tahapan tumbuh kembang sesuai umurnya. memastikan mereka “bisa” dan tanpa memaksakan kehendak sebagai orangtua menjadi harapanku selanjutnya.

Baiklah, 5 tahun berlalu, kegiatan hamil dan melahirkan rasanya sudah dulu. tanpa terasa, Berat Badan (BB) cukup bertambah secara signifikan.

  • Tahun 2000-2004, ketika masih kuliah S2 ,BBku masih seputaran 50-52 kg,
  • Tahun 2004 BBku naik jadi 55 kg, mungkin karena senang udah gak mikirin kuliah lagi kali yaa.
  • Sampai tahun 2005 ketika menikah, BBku sudah 58kg! Tapi masih cuek saja, karena proses hamil, melahirkan dan menyusui sampai BBku menjadi 62-65kg setelah lahir anak pertama.
  • Tahun 2008 di bulan Agustus, start BBku 65kg mulai hamil anak kedua.
  • Tahun 2009, anak kedua umur 6 bulan, aku positif hamil kembali anak ketiga, dan BBku berkisar antara 68 kg!!

Awalnya, aku gak terganggu dengan BBku yang segitu🙂 karena kebetulan, temanku 1 kantor ada 2 oran (gak usah disebutin namanya ya) punya BB yang sama denganku.. yang ke-1 masih single, dan yang ke-2 baru punya anak 1. Lah, aku udah punya anak 3, BBnya sama dengan mereka, yaah..  gpp lah yaa,, hahaha😀

Tapi…..

Aku mulai merasakan gak nyaman, ketika tugas ke Ambon, bertemu dengan salah seorang teman lama yang kaget banget liat kenaikan BBku.. udah 9 tahun tak bertemu, so kaget melihat badanku yang udah mulai gemuk.

Rasanya pengen kembali ke masa lalu dimana badanku emang ideal.🙂

Trus, beberapa kali asal naik kereta kalau berangkat kerja, aku ditawarin bangku khusus ibu hamil… Oh No.. Saya tidak sedang hamil, dan tidak berencana untuk hamil lagi, sudah cukup anak 3, kapan membesarinnya, kalau aku hamil mulu.. dan memang pengennya cukup 3 saja.

So.. brukk… aku kembali pada kenyataan, bahwa memang gemuk itu tidak sehat, rentan pada berbagai macam penyakit. Aku ingin masih cukup sehat ketika anak-anakku dewasa, mendampingi mereka itu menjadi harapanku selanjutnya.

So, aku termasuk orang yang gampang gaul, baik tua atau yang muda, aku juga punya teman yang usianya diatas 45-an. Ketika aku tanya, “Bu, katanya life begin the 40’s ya?” Mereka jawab.. “Siapa bilang?, kalau udah umur 40 tahun, penyakit pada datang semua. Hadewh..

Baiklah, kalau dulu aku selalu punya target dalam hidup, seperti, selesai kuliah S1 dulu baru kerja, tapi karena asik berorganisasi akhirnya jadi lanjut kuliah S2. Tapi tetep, pengen punya kerja dulu baru nikah. Trus, target punya anak 3 saja sebelum umur 35 tahun. Alhamdulillah, Allah kabulkan semua..

Walaupun, ternyata menjadi ibu sejati, yang dirumah saja ngurusin anak-anak, tetap menjadi bayang-bayang. Namun, balik mikir, memangnya mau dikasih makan apa? perlu biaya untuk itu semua.  Pangeran impian itu tidak pernah ada, kalau pun ada, pangeran tidak akan hidup selama-lamanya.  So, life must go on..

Demi niatan menjaga kesehatan, melihat anak-anak tumbuh besar dengan kondisi kita yang masih prima. Lebih utama lagi, niat karena mensyukuri yang telah Allah SWT berikan kepadaku. Maka aku putuskan untuk menurunkan BBku kembali ke Berat ideal semula.

Kalau aku perlu 8 tahun untuk menaikkan semuanya, maka, aku butuh usaha dan kesabaran untuk menurunkannya kembali. Bismillah.. Do’ain juga ya..

 

 

 

Leave a Reply

