Merencanakan Cuti Bersalin…

Berhubung tidak lama lagi daku udah memasuki waktu bersalin, tentunya harus mengajukan permohonan cuti di kantor tempat bekerja.  But, berhubung, hasil 2 kali USG yang terakhir menyatakan due of date persalinku maju, perkiraan pertama 26 Maret dan kedua 7 April dan ada yang 13 April, hal ini jadi bikin aku bingung, kapanmengajukan cutinya?

Sesuai dengan aturan yang ada, cuti bersalin itu totally adalah 3 bulan, yaitu 1 bulan sebelum perkiraan hari lahir, dan 2 bulan sesudah hari lahir, masalahnya bagaimana kalau perkiraan hari lahirnya berubah-ubah gini.. ? Syukurnya, kantor tempatku bekerja memberikan toleransi mau ambil yang mana asal totalnya 3 bulan.

Beberapa pertimbangan mengambil waktu cutiku antara lain:

  1. Perhatiin jadwal kantor, apa kantor dalam keadaan sibuk atau gak, kalo kantor gak sibuk, waktu pengajuan cutinya dilamain aja dekat2 waktu lahir, karena kalo nunggu di rumah, ntar malah terasa lama nunggunya, karena yang terjadi cuma makan tidur, yang terjadi malah lahirnya lewat dari DD.  Tapi, kalo kantor banyak kesibukan, ambil aja cuti, daripada kecapean dn ngerepotin orang lain sekantor.
  2. Perhatiin hari libur nasional. ambil waktu cuti setelah hari libur nasional, jangan ambil cuti yang jatuhnya hari kamis, kalo jum’atnya hari libur, kan rugi, karena semua orang memang libur, atau kalo perlu jangan dekat-dekat hari libur.  supaya memang lebih bermanfaat cuti untuk istirahat dari aktivitas kerja.  Gimana sih, gak ada libur aja, kita pengen libur ya gak?
  3. Sesuaikan dengan kontrol atau USG dokter yang terakhir.  karena perkiraan hari lahir masih bisa berubah-ubah, maka hasil dokter terakhir yang dipakai, kalau pun lewat DD, cuma lewatnya 1 minggu, karena kalo lebih dari dokter pasti bilang harus lahir mau pake induksi atau Cesar.

So, berhubung daku memang pengennya normal, dan mau ngumpulin tenaga untuk itu, maka daku ambil cuti 2 minggu sebelum DD atau kira-kira minggu ke-38.  Dengan harapan setelah 36 minggu pun udah boleh lahiran kok sebenarnya, jadi syukur-syukur gak terlalu lama banget nunggunya.

Doain yah Friends, semoga diberi kekuatan pas persalinan dan semuanya berjalan lancar, anak yang dilahirkan normal dan sehat… amin ya rabbal ‘alamin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s