Rencana Renovasi

tampak depanBeberapa hal yang menjadi prioritas dalam tahun 2008 ini adalah rencana pindahan keluarga warung jati ke daerah Depok.  Memang kita sudah merencanakan mau pindah rumah tahun ini juga.  Kondisi saat ini, rumah Depok kita sudah selesai, sudah serah terima dengan pihak developer, malah bulan Maret lalu. Kunci rumah juga sudah diterima, alias sudah di pegang.  Masalahnya adalah, saat ini kita berencanya untuk melakukan renovasi rumah terlebih dahulu yang saat ini 1 lantai menjadi 2 lantai. Pemikiran ini diambil supaya tidak 2 kali kerja, pastinya renovasi akan menghasilkan polusi saat pembangunannya, debu, bunyi yang mengganggu kenyamanan kita.  So, saat ini rencana renovasi rumah sudah dilakukan dengan rencana sistem borongan.  sistem ini agak lebih mudah bagi kita yang tidak mau repot soal pembangunan, beli material ini itu, daripada sistem upah atau cost and fee. Berhubung ada penawaran dari milis warga perumahan di lokasi proyek pembangunan, maka saat ini rencana  renovasi udah ada pembicaraan dengan pihak kontraktor yang akan membangun rumah, yang tinggal di lingkungan perumahan tersebut. 

 

Pertimbangan menggunakan tenaga kontraktor yang dekat rumah antara lain;

  1. menawarkan harga jasa arsitek yang tidak terlalu mahal seperti yang lainnya,
  2. mudah dalam pengawasannya karena dekat dengan lokasi pembangunan,
  3. garansi kalau ada kerusakan, janjinya sih selama masih sama2 tinggal di perumahan itu. Hmm…

 Awalnya, rencana berjalan lancar,  gambar yang diberikan oleh arsitek sudah diterima, berupa layout dan tampak rumah.  Meskipun baru pertama kali berhubungan dengan seorang arsitek karena awam soal renovasi dan soal material, hal yang mesti diketahui adalah mencari informasi sebanyak mungkin mengenai pembangunan rumah.  Misalnya melalui tabloid, pameran rumah, browsing internet, baca milis dan lain sebagainya.

 

Sehingga penting bagi kita untuk cek dan ricek terhadap segala hal, yang terjadi adalah ditemukannya beberapa persoalan dalam membangun rumah, antara lain:

  1. Niat dan Uang. ini 2 hal penting dalam renovasi, kedua-duanya harus kuat, ada niat tidak di dukung uang, ya gak jadi, ada uang tapi niatnya untuk pembangunan rumah gak ada ya renovasi rumah ya gak jadi juga, penggunaan uang jadi untuk memenuhi kebutuhan lain, apalagi saat ini merasa nyaman dengan kondisi rumah sekarang.  hmm 
  2. Perlu terjalin komunikasi aktif dengan arsitek atau pihak kontraktor, tampaknya, inisiatif komunikasi aktif ini harus dari diri konsumen alias pengguna jasa, karena tampaknya peran arsitek sekarang ini hampir sama dengan jasa dokter yang bersifat komersil, walaupun pada awalnya bersifat low.
  3. Perlu kejelasan dalam step by step mengambil tindakan, misalnya jasa pengurusan IMB.  Pada awalnya hal urus IMB ini kita menganggap hal yang  sepele saja, karena sudah lumrah berlaku dimana-mana dan jasa pengurusan IMB merupakan layanan jasa arsitek seperti yang saya baca dalam peraturan/kebijakan yang terkait arsitek ini.  Ternyata, alih-alih ingin dapat yang murah ataupun harga yang reasonable, malah yang terjadi harga yang “gede” juga untuk ukuran rumah di Depok.  Bisa bikin kadar kepercayaan agak sedikit meluntur 
  4. Jangan terburu-buru menandatangani kontrak kerja, pelajari dulu pekerjaan apa yang dikontrakkan, berdasarkan informasi yang saya dapat, kalau jasa kontraknya reasonable alias bisa diterima, tolong dicek volume satuannya.  siapa tahu menemukan kejanggalan, jika harganya bisa di terima alias kantong juga cukup, mungkin gak masalah.  Tapi ini penting menjadi detil karena kebutuhan lain dalam renovasi cukup banyak seperti: pengadaan Kitchen set, dlsb.

So, rencana renovasi ini masih berjalan lambat bagai siput, karena berbagai pertimbangan itu tadi, tapi mudah-mudahan kedepannya tidak ada masalah yang begitu berarti,  doain yah…

One thought on “Rencana Renovasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s